• KABAR
Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya mengeluarkan fatwa tentang pembakaran hutan. Fatwa ini sendiri merupakan permintaan mendesak dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Temu usaha dan diskusi antara jejaring komunitas penghasil dan pembeli produk hutan Indonesia merupakan bentuk nyata upaya untuk mendorong pemakaian karya hutan Indonesia dan mendekatkan hutan ke kehidupan sehari-hari seluruh masyarakat.
Sekelompok petani, komunitas adat, dan usaha desa dari seantero nusantara berkumpul memamerkan hasil karyanya dalam pameran bertajuk "Pesona Hutan".
Sebagai masyarakat melayu yang memiliki kearifan lokal, masyarakat Sai Pakning bahu membahu untuk membantu pemerintah dalam mengatasi pencegahan karhutla.
Bercermin dari bencana asap di tahun 2015 Pemerintah Provinsi Riau langsung bertindak cepat. Mempersiapkan segenap kekuatan agar bencana tersebut tidak terulang dan berharap tidak ditemukan lagi kebakaran hutan.
Bupati Bengkalis Amril Mukminin menegaskan, seluruh camat, kepala desa (Kades) beserta jajarannya untuk siaga Karlahut (kebakaran lahan dan hutan). Tidak meninggalkan tempat serta selama 24 jam terus melakukan pemantauan di lapangan.
Bantuan bagi empat desa di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau dalam pembangunan sekat kanal (Canal Blocking). Pembangunan kanal ini merupakan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.
share this on: 

Fase Transisi REDD+ - United Nations Development Programme - 2016