• KABAR
  • Community Based Forest Fire Prevention and Management (CBFFM)

Community Based Forest Fire Prevention and Management (CBFFM)

Pelatihan CBFFM sebelumnya telah pernah dilaksanakan di Kalimantan Tengah, dan kini akan dikembangkan/dilaksanakan kembali di 4 provinsi:

NoProvinsiTarget DesaTarget angkatan
1 Riau 24 8
2 Sumatera Selatan 27 9
3 Jambi 15 5
4 Kalimantan Barat 9 3
  Total 75 25

Pelatihan CBFFM ini dilaksanakan melalui kerjasama yang melibatkan Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) bersama Pusdiklat SDM KLHK. Pelaksanaan pelatihan akan dilakukan pada 14 kabupaten dengan sasaran 75 desa yang telah diprogramkan.

Melalui workshop yang dilakukan di Bogor pada bulan November dan Desember 2015 lalu, telah dihasilkan modul dan kesepakatan jadwal serta bahan ajar. Penyelesaian modul pelatihan, termasuk kurikulum dan silabus, juga telah diselesaikan pada November 2015. Pada Januari 2016 dilakukan pematangan jadwal sosialisasi dan pelatihan serta penentuan tenaga pengajar dan administrasi. Berdasarkan jadwal yang ada, pelatihan di 4 provinsi ini akan mulai dilakukan pada awal Februari hingga minggu kedua April 2016. Penyediaan alat-alat untuk pencegahan dan pemadaman dini juga diberikan bersamaan dengan pelatihan tersebut.

Di samping CBFFM, pelatihan Citizen Journalism menjadi pelengkap untuk program pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan dini karlahut. Pelatihan Citizen Journalism ini telah diberikan kepada masyarakat di Sumatera Barat yang dikemas dalam tema perhutanan sosial sejak 2015 dan diikuti oleh 145 peserta ini dari 5 kabupaten. Kegiatan ini akan dilanjutkan di wilayah rawan karlahut lainnya.

share this on: 

Fase Transisi REDD+ - United Nations Development Programme - 2016