Generasi Muda: Agen Perubahan untuk Pengendalian Perubahan Iklim

Para remaja yang berkunjung ke Festival Iklim yang diselenggarakan pada 1-4 Februari 2016 di Jakarta Convention Center mengaku banyak belajar tentang lingkungan dan perubahan iklim. Diantaranya bahkan ada yang mempunyai ide-ide kreatif atas masalah lingkungan yang ada saat ini. Pengakuan ini misalnya disampaikan oleh Arif Ginta Pratama,siswa ke XI IPA Global Islamic School Serpong. Bersama tiga temannya dia mengikuti lombamembuat minatur kota berkelanjutan.

"Kami membayangkan sebuah kota maju dengan konsep sederhana. Maju bukan berarti mewah dan besar. Di masa depan rumah dan bangunan bisa dirancang lebih kecil dan banyak lahan terbuka hijau dengan energi yang berasal dari energi terbarukan," ujar Arif.

Sementara itu, Rosandra Wijayanti, siswi kelas XI SMA Negeri 9 Tangerang Selatan yang mengikui pemutaran film perubahan iklim menyatakan bahwa dia saat ini mengetahui betapa dahsyatnya dampak perubahan iklim. Polusi pabrik, kendaraan bermotor, sampah dan lainnya berkontribusi pada perubahan iklim. Rosandra bertekad akan berkontribusi walaupun mungkin masih kecil untuk penanggulangan perubahan iklim. "Saya sekarang menjadi tahu tentang apa itu perubahan iklim. Saat kembali ke sekolah saya bisa memberi tahu teman-teman dan mengajak mereka bersama-sama mengubah perilaku menjadi peduli lingkungan," ujar Rosandra.

Tekad yang sama juga disampaikan oleh Stevani, siswa kelas IX SMA Santa Laurensia. Dia ingin mengajak teman-temannya untuk hemat air dan listrik serta tidak membuang sampah sembarangan. Karena semuanya akan berdampak pada perubahan iklim.

Suasana meriah dan antusiasme para remaja selama festival berlangsung setidaknya memberikan optimisme bahwa target untuk mencegah laju kenaikan suhu di bawah dua derajat celcius bukan hal yang tidak mungkin dicapai. Semakin banyak remaja yang mau menjadi bagian dalam kampanye perubahan iklim akan memberikan dampak yang signifikan di masa mendatang.

share this on: 

Fase Transisi REDD+ - United Nations Development Programme - 2016